Minggu, 25 Mei 2014

MELANJUTKAN SEKOLAH

Musim ujian telah tiba. Dari jenjang SD,SLTP,SLTA sedang melaksanakan ujian. Dari pihak sekolah giat melaksanakan Try Out ujian bagi siswanya. Para orang tua tak henti-hentinya mensupport anaknya, sedang dari siswa sendiri tak kalah semangat dalam belajar,demi satu cita-cita yaitu lulus dengan nilai yang maksimal dan bisa melanjutkan sekolah atau kuliah sesuai dengan yang diinginkanya.
Alangkah bahagianya orang tua yang bisa menuruti kemauan anaknya untuk melanjutkan sekolah atau kuliah sesuai dengan yang diharapkan anaknya. Dan alangkah bahagianya usaha kita bisa membuahkan hasil yang memuaskan, sesuai dengan biaya yang kita keluarkan.
Bagi para orang tua yang anaknya akan melanjutkan sekolah atau kuliah mungkin ada baiknya untuk mempertimbangkan beberapa faktor yang akan penulis sampaikan dibawah ini agar biaya yang kita keluarkan bisa membuahkan hasil yang maksimal atau tidak sia-sia.

  1. Faktor kemampuan finansial                                                                                                         Setiap orang pasti ingin anaknya lebih pintar dari dirinya paling tidak ijasahnya lebih tinggi dari dirinya. Apabila orang tua hanya tamat SD peling tidak anaknya harus lulus SLTP. Kalau orang tua lulus SLTP anaknya harus lulus SLTA. Tapi kemampuan kita tidak sama karena sekolah/kuliah tidak gratis. Ada yang mampu ada yang tidak. Bagi yang mampu tidak jadi masalah, tapi bagi yang tidak mampu hal itu akan sangat terasa berat. Jadi apabila untuk melanjutkan sekolah harus hutang sana hutang sini yang nantinya hanya akan menambah berat beban hidup, alangkah bijaknya apabila anaknya diarahkan untuk kursus agar punya lifeskill tanpa biaya yang tinggi atau diarahkan untuk bekerja, yang tentunya hal itu harus dimusyawarahkan dengan anaknya terlebih dahulu.
  2. Faktor kemampuan otak atau kecerdasan anak                                                                                 Kalau faktor biaya untuk melanjutkan sekolah tidak ada masalah alangkah baiknya kita memperhatikan faktor kecerdasan anak. Karena biaya yang kita keluarkan akan sia-sia apabila kecerdasan anak tidak bisa kita andalkan. Karena bagaimanapun juga harus kita pahami bahwa tingkat kecerdasan anak yang satu dengan yang lain tentunya tidak sama.
  3. Faktor akhlak atau budi pekerti anak                                                                                   Kecukupan biaya dan kecerdasan anak tidaklah menjadi jaminan bagi keberhasilan pendidikan anak. Karena biaya yang cukup otak yang cerdas tanpa diimbangi dengan budi pekerti atau perilaku yang baik, akan menghasilkan generasi yang pincang. Yang hanya pandai teori tapi tidak luwes dalam kehidupan.Banyak anak-anak sekolah atau mahasiswa yang terjerumus dalam kehidupan bebas, narkoba dan minum-minuman keras. Yang tentunya hal itu sangat akan mempengaruhi hasil dari tujuan orang tua menyekolahkanya.                     
Apabila ketiga faktor ini ada salah satu yang tidak terpenuhi alangkah baiknya orang tua untuk mempertimbangkan lagi keinginannya untuk melanjutkan sekolah anaknya.Agar biaya yang dikeluarkan tidak sia-sia dan hasilnya sesuai yang diharapkan.
Demikian postingan ringan kali ini, ini hanya berdasarkan dari pendapat pribadi penulis sangat menghargai apabila dari anda ada yang tidak sependapat...

0 komentar:

Posting Komentar